Laman

Rabu, 23 Mei 2012

Dijual Motorola GM 3188 VHF SOLD KLATEN

lagi Motorola Hayu yang Membutuhkan  
> RX Dan TX Normal
> 25watt
> Mic Orig
> Dc One Orig
> Freq 146.000 MHz / 17X.XXX MHz
> Chasing Mulus


                                                                         Tampak Depan


                                                                  Tampak Belakang

Prosedur Menjadi Anggota Perbakin

Proses menjadi anggota Perbakin :
1. Hubungi Pengda / Pengcap PERBAKIN dan minta informasi
2. Terlebih dahulu anda harus menjadi anggota klub/perkumpulan. Pilih dan hubungi klub terdaftar dan diakui PB Perbakin/Pengda setempat yang anda inginkan. Penuhi persyaratan-persyaratan keanggotaan yang diwajibkan oleh masing-masing klub
3. Setelah satu tahun menjadi anggota klub, keanggotaan anda akan di proses ke Pengda/Pengcap PERBAKIN, dengan syarat-syarat yang ditentukan,al.
- mengisi formulir keanggotaan Perbakin
- meminta rekomendasi 2 (dua) orang angg.
Perbakin yg aktif,FC KTP dan KTA nya.
- SKCK
- pas foto-4x6 4 lbr;3x4 4 lbr
- surat ket.dokter sehat jasmani dan rohani
- umur minimal 14 th u/atlet target
umur minimal 21 th u/atlet berburu
4. Untuk atlet berburu dan atlet tembak reaksi, wajib mengikuti dan lulus pendidikan khusus.
5. Berkas pengajuan keanggotaan anda akan dikirim oleh pengda ke PB.PERBAKIN
6. Bila seluruh persyaratan telah dipenuhi, maka anda akan mendapat Kartu Tanda Anggota (KTA) yang dikeluarkan oleh PB.PERBAKIN, ditandatangani oleh ketua umum tersebut berlaku untuk jangka waktu 1 (satu ) tahun,dulu 2 (dua) tahun dan dapat diperpanjang dengan syarat-syarat tertentu.Pas foto,FC Sertifikat Penataran Berburu,FC KTA,FC KTP dan ditanda tangani oleh ketua klub bersangkutan.
7. Kartu Tanda Anggota PERBAKIN sebagai bukti sah anda menjadi anggota PERBAKIN dan dapat digunakan untuk persyaratan pembelian senjata, peluru, mengikuti kejuaraan, dan lain-lain.

KTA PERBAKIN berdasar Pihak yg mengeluarkan terdiri dari : KTA Pengda dan KTA PB.
KTA Pengda biasanya dikeluarkan untuk anggota klub terdaftar di Pengda setempat. Jg sebagai salah satu syarat untuk membuat KTA PB.Perbakin
KTA PB. PERBAKIN berdasar peruntukannya terdiri dari : KTA ATLET TARGET , KTA BERBURU dan KTA Tembak Reaksi.
KTA untuk Atlet biayanya jauh lebih murah dan pengajuannya lebih mudah tergantung masing-masing Pengurus Daerah.
Anggota Perbakin harus mengikuti “Ujian Ketrampilan Menembak” yang diadakan oleh Pengda Perbakin bekerja sama dgn Pihak terkait (Polri, Dep.Kehutanan serta pengawas dari PB. Perbakin). Hari pertama Peserta akan diberi pengarahan & cara2 menembak senjata api. Senjata boleh bawa senciri atau menggunakan senjata yg disediakan panitya (biasanya SS 1), cukup mengganti biaya amunisi. Jarak sasaran 100 m, Amunisi sebanyak 15 butir, untuk posisi tiarap/prone 5 btr, duduk 5 btr, berdiri 5 btr. Hari ke2 baru Pelaksanaan Ujian. Hasilnya berupa : Lulus Kelas I (tertinggi, kl ga salah nilai diatas 70), Kelas II, dan Kelas III, serta Tidak Lulus. Apbl tdk lulus boleh mengulang pada Ujian berikutnya.
Khusus untuk KTA Berburu juga harus lulus “Penataran Berburu” dari PB Perbakin dan mendapatkan sertifikat. Biasanya selama 2 hari. Materi penataran meliputi :
1. kumpulan peraturan perundang undangan yg mengatur senjata api non organik TNI/Polri u/olah raga anggota Perbakin

2. kumpulan undang2 no.5 th 1990 ttg konservasi sumber daya manusia hayati dan ekosistemnya,dan peraturan pemerintah no.13 th 1994 ttg perburuan satwa buru

3. pengetahuan senjata dan amunisi u/berburu

4. perluasan cakrawala berburu di Indonesia

5. upaya mengatasi kecelakaan dalam perburuan dan survival.

6. dulu ada pengetahuan medan dan kompas,sekarang sdh ditiadakan,sayang .

Sayangnya Penataran Berburu ini msh jarang diadakan (tdk tiap tahun ada). Sehingga apbl ingin cepat hrs cari info pengda mana yg dlmthn ini mengadakan Penataran Berburu.
setelah lulus/mendapatkan KTA perbakin, KTA tersebut dapat digunakan sebagai syarat untuk membeli senjata api berburu,dan amunisinya.
Tahap selanjutnya untuk Berburu adalah mengajukan Akta Berburu Babi Hutan/buku ijin berburu (biayanya beda dgn KTA),yg berlaku selama 1(satu) tahun. Akta berburu ini hrs dilaporkan & dicap oleh Polsek setempat di daerah perburuan, baik pd wkt kedatangan maupun pd saat meninggalkan lokasi.

Harus diingat bahwa Senjata Api dlm sehari-hari tdk boleh disimpan dirumah. (harus disimpan ditempat penyimpanan senjata api/Gudang Senjata.
Dalam hal ini untuk Pengcab yg blm py Gudang Senjata sendiri biasanya disimpan di gudang senjata Polres setempat. Utk Pengcab yg sdh punya gudang senjata sendiri, biasanya dibangun sendiri ttp lokasi berada di dalam Polres & kunci dipegang baik oleh Pengurus Pengcab Perbakin jg dipegang oleh Polres. ( jd tdk bs msk tanpa seijin Polres)
Senjata Api bisa dikeluarkan untuk keperluan Latihan dan Pertandingan atau Berburu.
setiap kali mengeluarkan senapan untuk kegiatan apapun harus mengajukan SIASA (Surat Ijin Angkut Senjata Api), batas waktu dan jumlah peluru disesuaikan dengan keperluan. Ut kegiatan berburu amunisi pasti tdk sebanyak apbl ut latihan.

untuk KTA PERBAKIN bid. tembak TARGET, mekanismenya juga harus mengikuti penataran tembak target, biasanya lebih mudah dibandingkan KTA berburu,
Utk tembak reaksi perlu persyaratan lain lagi.
Utk mendapatkan KTA TR, peserta harus terlebih dahulu ikut club2 menembak yg menggunakan senpi pistol yg diakui oleh PB , lalu mengikuti & lulus dr penataran IPSC.

Untuk Informasi lebih lanjut hub

PB. PERBAKIN
Jl. Gelora Senayan Jakarta 10270
Phone: (62) 21 573-7128
Fax: (62) 21 573-3639
http://tentangperbakin.blogspot.com/2010/04/prosedur-menjadi-anggota-perbakin.html 

Selasa, 22 Mei 2012

Dijual Radio CB Rama AM RM- 22DX SOLD SUKABUMI


- CB RAMA - RM 22 DX
- CHANEL 80
- TX / RX BAGUS
- POTENSIO AGAK KOTOR DIKIT
- POWER 4 - 5 WATT
- MIC ASLI, BREKET ADA
- JUAL APA ADANYA




Rabu, 16 Mei 2012

BLACK BOX PESAWAT SUKHOI SS 100 DI TEMUKAN

BOGOR--MICOM:Black box atau kotak hitam pesawat Sukhoi Superjet 100 ditemukan terlepas dari ekor pesawat pada Selasa (15/5).

Itu disampaikan Danrem 061/Suryakencana Kolonel (inf) AM Putranto dalam keterangan persnya, Selasa (15/5) malam, di Posko Balai Embrio Ternak Cipelang, Kampung Pasir Pogor, Desa Cipelang, kKecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Anggota Kopassus yang menemukan kotak hitam pesawat nahas itu. "Black box telah dikonfirmasikan tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT)," ujarnya.

Kotak hitam itu tampak berwarna hitam yang biasanya berwarna oranye. Kemungkinan ini terjadi karena kotak terbakar. Kotak ditemukan sekitar 100 meter dari ekor pesawat.

Namun Ketua KNKT Tatang Kurniadi di Metro TV menyebutkan bahwa itu kemungkinan baru satu bagian dari kotak hitam. "Black box itu ada

http://www.mediaindonesia.com/read/2012/05/15/319990/37/5/Black-Box-Sukhoi-Ditemukan

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR - Kotak hitam pesawat Sukhoi Superjet 100 yang jatuh di Gunung Salak, Kabupaten Bogor, berhasil ditemukan anggota Kopassus. Kotak perekam itu ditemukan dalam kondisi hangus terbakar.
"Semula warnanya oranye. Tapi karena hangus terbakar warnanya berubah menjadi hitam," kata Komandan Resor Militer 061 Suryakencana Kolonel Infantri AM Putranto di posko utama Cipelang, Cijeruk, Bogor, Selasa (15/5).
Ia menjelaskan, kotak hitam ditemukan sekitar 100 meter di atas lokasi bagian ekor pesawat. Kotak hitam ditemukan setengah terkubur dalam tanah setelah terlepas dari bagian ekor pesawat.
"Lokasi penemuannya tak jauh dari perangkat ELT yang ditemukan sebelumnya. Setelah dipastikan ELT itu bukan kotak hitam kami fokuskan pencarian di sekitar lokasi tersebut," ujarnya.
Kotak hitam ditemukan oleh lima orang anggota Kopassus dari tim Charlie yang dipimpin oleh Lettu Infantri Taufik Akbar. Taufik mengatakan, kotak hitam ditemukan pada pukul 10.00 pagi ini. Ia menemukan kotak tersebut setelah melakukan dua jam penyisiran di sekitar lokasi ekor pesawat. "Setelah itu kita evakuasi lewat jalur Cimelati," tuturnya.
Investigator Komite Nasional Keselamatan Transportasi Kapten Khaeruddin memastikan bahwa benda berwarna hitam tersebut adalah kotak hitam pesawat. Meski ditemukan dalam kondisi hangus, ia menjamin data yang terekam di dalamnya masih dapat digunakan dalam proses penyelidikan.
"Masih bisa. Black box tahan terhadap ledakan," kata dia. Terkait penyelidikan kotak hitam tersebut, Khaeruddin juga menjamin akan dilakukan di Indonesia.
Putranto menambahkan, setelah diserahkan oleh pihak Kopassus kepada tim SAR di lokasi, kotak hitam akan diserahkan kepada pihak Basarnas. "Oleh Basarnas akan diserahkan ke KNKT besok pagi," ungkapnya. http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/12/05/15/m42ox6-black-box-sukhoi-ditemukan-hangus


Senin, 14 Mei 2012

Kecelakaan Pesawat Sukhoi Superjet 100 Di Gunung Salak


Komunikasi Bencana ORARI [ CORE ]

ORARI Sebagai Sarana Efetktif Untuk Penangan Bencana 

Perkembangan jumlah peminat Radio Amatir atau ORARI pada tahun 2010 ini meningkat, Karena sebagai sarana komunikasi dan informasi yang murah dan banyak memiliki manfaat. Pada bulan Pebruari tahun 2005 lalu komunitas ORARI berjumlah 50 orang. Dan pada tahun ini tercatat pengguna Radio Amatir di daerah Ngawi telah bertambah sebanyak 146 orang. Jika kita mengingat peristiwa bencana banjir tahun 2007 di ngawi, yang telah merenggut nyawa sebanyak 18 orang.
Dalam hal ini erat kaitannya dengan fungsi ORARI sebagai wadah komunikasi dan informasi dini. Sehingga sebelum bencana datang penduduk sudah berantisipasi untuk mengungsi. Walaupun memakan korban jiwa, kita juga bersyukur karena dampaknya tidak meluas dan mengakibatkan banyak korban jiwa dan kerugian material yang besar.
Fungsi Komunikasi dari ORARI adalah sebagai jaring koordinasi penanganan SEBELUM bencana datang (early warning sytem), maupun PASCA terjadinya bencana:
  1. Sebagai sarana pengindera dini agar bencana yang terprediksi/ diperkirakan datang dapat dideteksi sejak awal, sehingga jumlah usaha penyelamatan dan pertolongan dapat dilakukan sebelum bencana datang, terseleksi dengan cepat dan tepat guna. Dan yang paling penting dapat mengurangi timbulnya jumlah kerugian yang banyak (harta benda bahkan korban jiwa).
  2. Sarana Koordinasi dan komunikasi antar institusi/organisasi atau pihak yang berkaitan untuk menemukan dan menyiapkan langkah yang tepat, efektif dan efisien
  3. Sarana Informasi untuk mengalirkan perintah, berita dan pengendalian terhadap semua unsur dan elemen terlibat dalam operasi/ kegiatan pertolongan atau penyelamatan
  4. Sarana bantuan administrasi dan logistik sehingga bantuan subsidi dapat dirasakan seluruh korban bencana
Agar dalam penggunaan atau pemanfaatan ORARI ini berjalan sesuai dengan fungsi dan tugasnya, telah diatur dan dicantumkan di dalam UU no 36 Th.1999 tentang telekomunikasi, PP no 52 Th.2000 Tentang penyelenggaraan Telekomunikasi, PP no 53 Th.2000 dan Nomor : 33/PER/M.KOMINFO/08/2009 Tentang Penyelenggaraan Amatir Radio.
Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 52/2000 menyebutkan Tentang; Penyelenggaraan Telekomunikasi, Pasal 41 ayat 2 : ├ó€┼ôKegiatan Amatir Radio dapat digunakan untuk penyampaian berita marabahaya, bencana alam, pencarian dan pertolongan (SAR)   http://dishubkominfo.ngawikab.go.id/home/?p=694

ORARI Siap Membantu  BPBD

SOREANG,(GM)-
Ketua Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia (ORARI) Korwil Kab. Bandung yang juga Ketua ORARI Lokal Bandung Selatan, H. Dadan Konzala, meminta semua anggota ORARI Kab. Bandung siaga terhadap bencana yang kerap terjadi di wilayah Kab. Bandung. (Baca ini juga - red)

Jika ada bencana, anggota ORARI diupayakan memberikan informasinya hingga bisa bersama-sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Bandung melakukan penanganan.

"Semua anggota ORARI harus siaga terhadap bencana. Walaupun tidak diperintah langsung, anggota ORARI tetap siaga terhadap kebencanaan karena kita harus tetap eksis membantu pemerintah dengan memberikan informasi jika ada bencana atau lainnya," katanya kepada "GM" Selasa (17/5).

Selain memberikan informasi, lanjut Dadan, anggota ORARI juga terus mobile dalam membantu BPBD di lapangan jika ada bencana. "Kita (ORARI, red) bukan hanya memberikan infomasi tapi turun langsung ke lapangan juga untuk membantu BPBD dalam penanganan bencana," katanya.

Untuk komunikasi, lanjut Dadan, pihaknya belum merasa perlu menambah repeater di Kab. Bandung. Sebab komunkasi antaranggota masih berjalan lancar. "Untuk wilayah Kab. Bandung belum perlu menambah reapeter karena komunikasi di radio masih jelas," ujarnya.

Menurut Dadan, masalah kebencanaan, semua anggota ORARI sudah pasti mengetahui sebab diatur dalam perundang-undangan yakni UU No. 24/2007 tentang Penanggulangan Bencana, UU No. 26/1999 tentang Telekomunikasi, PP No. 52/2000 tentang Penyelenggaraan Telekomunikasi dan SK Dirjen POSTEL No 1737/DJPT.4/Kominfo/12/ 2009 tentang Freq PB Untuk Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Makanya semua anggota ORARI eksis dalam kebencanaan. Apalagi anggota kita banyak dan menyebar di tiap kecamatan. Jika terjadi bencana, kita langsung komunikasikan dengan BPBD," ujarnya.

Saat ini ada lebih dari 600 orang anggota ORARI di Kab. Bandung dan sebagian besar merupakan anggota aktif.

Sebelumnya Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kab. Bandung, Cecep Hendrawan mengakui, peran ORARI sangat membantu dalam kebencanaan. Salah satunya dengan adanya informasi jika di suatu daerah ada bencana. Bukan hanya saat terjadi bencana, ORARI juga sangat berperan dalam situasi pra mencana maupun pasca bencana.

"ORARI sangat membantu dalam kebencanaan karena informasi apa pun tentang bencana masuk, bisa dilakukan lewat radio komunikasi. Bahkan agar komunikasi berjalan lancar, ORARI Kab. Bandung memasang repeater tambahan," kata anggota ORARI Kab. Bandung ini. (B.97)**


 

Orari Di Wikipedia

Organisasi Amatir Radio Indonesia, disingkat ORARI, adalah satu-satunya wadah bagi amatir radio di Indonesia. Organisasi ini resmi berdiri pada 9 Juli 1968 atas dasar Peraturan Pemerintah RI No. 21 tahun 1967. Hingga tahun 2006, ORARI telah memiliki 31 ORARI Daerah dan 367 ORARI Lokal yang tersebar diseluruh pelosok Indonesia. Detail terbentuknya ORARI dapat dibaca pada Sejarah ORARI
ORARI adalah bagian dari International Amateur Radio Union (IARU) yang merupakan Organisasi Amatir Radio Dunia, karena kegiatan Amatir Radio adalah berskala Internasional.
Ketentuan yang mengatur kegiatan Amatir Radio diatur pula dalam Radio Regulation yang di keluarkan oleh International Telecommunication Union (ITU)
Amatir Radio adalah setiap orang yang mempunyai hobi dalam bidang Teknik elektronika radio dan komunikasi serta secara sukarela bersedia mengabdi kepada bangsa dan masyarakat.
Para amatir radio sedunia sadar bahwa kegiatan ini harus dilakukan secara tertib dan benar menurut kaidah hidup manusia dan peraturan yang berlaku secara internasional dan nasional oleh karena itu dalam melakukan kegiatannya mereka mempunyai dan berlandaskan KODE ETIK AMATIR RADIO.
Sejak keberadaannya di Indonesia pada awal tahun 1925, Amatir radio Indonesia telah banyak membaktikan diri kepada bangsa, baik sebagai media perjuangan mempersiapkan dan merebut serta mengisi kemerdekaan, maupun memberikan konstribusi pemikiran dan gagasan baik yang bersifat teknik maupun regulasi serta melakukan operasi penanggulangan bencana serta dukungan komunikasi bukan dalam keadaan bencana.

Daftar isi

 [sembunyikan

[sunting] Tingkat Kecakapan Amatir Radio

  • Pemula
  • Siaga
  • Penggalang
  • Penegak

[sunting] Kegiatan Amatir Radio

  • ARC, Amatir Radio Club, perkumpulan amatir radio biasanya dibawah lokal ORARI.
  • ARES, Amateur Radio Emergency Service, bantuan komunikasi pada saat bencana.
  • Contest, pertandingan berkomunikasi radio
  • DX, komunikasi jarak jauh antar benua
  • DX-pedition, expedisi / perjalanan ke tempat langka & beroperasi dari sana.
  • Field Day, bekerja di lapangan dengan peralatan minimal.
  • Fox Hunting, lomba mencari pemancar gelap.
  • Net, cek-in / absen secara periodik, biasanya setiap hari pada jam tertentu.
  • QRP, bekerja dengan daya kecil biasanya sekitar 1-5Watt saja.
  • QSL Card, pertukaran kartu tanda pernah berkomunikasi
  • Special Event Station, stasiun yang di operasikan pada acara / event khusus.
  • CORE (Communication and Rescue) ORARI, adalah program kegiatan yang dikembangkan sebagai bentuk kepedulian ORARI dalam menghadapi situasi kebencanaan, dan kedaruratan yang terjadi.

[sunting] Teknik Radio

Ada beberapa teknik radio yang sering dipelajari oleh seorang amatir radio, seperti,
http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi_Amatir_Radio_Indonesia